Posted by : Ecko Saputra Senin, 22 Agustus 2016

Assalamualaikum Wr.Wb Hri ini kami dari BLC Telkom klaten mulai mengadakan training cisco CCNA yang dibimbing oleh kakak-kakak dari Nixtrain Bandung selama 1 minggu, pembukaan pada hari ini tanggal 22 Agustus 2016 dan akan selesai pada tanggal 27 Agustus 2016, kali ini saya akan posting tentang Pengenalan Cisco.




1. Pengertian
    Cisco Systems adalah Perusahaan Multi-Nasional yang bergerak dibidang ComputerNetworking dengan memproduksi alat-alat jaringan dengan standar International. Cisco Systems didirikan pada tahun 1984 oleh Len Bosack dan Sandy Lerner (pasangan Suami-Istri). “Cisco” diambil dari nama suatu daerah tempat dimana Cisco Systems didirikan, yaitu di San Francisco, California, Amerika Serikat. Sampai dengan akhir tahun 2008 perusahaan Cisco mempunyai66.000 pegawai dengan omzet perusahaan mencapai US$39 Milyar. Saat ini Cisco Systems dipimpin oleh seorang CEO yang bernama John Chambers. Cisco Systems terus mengembangkan product-product jaringan (Computer Networking). Product Cisco sendiri diakuioleh dunia industri International sebagai product jaringan yang berkualitas.

2. Sejarah Cisco
    Pada awal 1980-an, ada sepasang suami istri yaitu Len dan Sandy Bosack yang dulubekerja di dua departemen komputer yang berbeda yang terletak di Stanford University. Pasangan ini sedang menghadapi masalah dalam membuat komputer mereka berkomunikasisatu sama lain. Untuk mengatasi masalah ini, mereka membuat sebuah server gateway di ruangtamu mereka yang menuju cara sederhana membuat dua departemen berkomunikasi satu sama lain dengan bantuan protokol IP. Mereka mendirikan cisco Systems (dengan c kecil) pada tahun 1984, memiliki server gateway komersial kecil yang membawa sebuah revolusi dalam Networking. Nama perusahaan diubah menjadi Cisco Systems, Inc pada tahun 1992. Advanced Gateway Server (AGS) adalah produk pertama yang dipasarkan perusahaan. Setelah ini dating Mid-Range Gateway Server (MGS), Compact Gateway Server (cgs), Integrated Gateway Server (IGS) dan AGS +.Akhirnya menciptakan router cisco 4000, 7000, 2000, dan 3000 series. Router ini masih ada dan meningkatkan setiap hari. Cisco adalah pemimpin besar dunia ketika datang ke  jaringan untuk Internet. Produk perusahaan ini mengarah pada kemudahan dalam mengakses dan mentransfer informasi terlepas dari perbedaan waktu, tempat atau platform. Sertifikasi CCNA adalah sertifikat yang pertama dalam jajaran sertifikasi Cisco dan merupakan pendahulu untuk semua sertifikasi Cisco. Program CCNA dibuat untuk memberikan dasar yang kokoh yang tidak hanya untuk Cisco Internetwork Operating System (IOS) dan hardware Cisco, tetapi juga internetworking secara umum. Untuk mendapatkan Cisco Certified Internetwork Expert (CCIE) maka Ciscon membuats uatu seri sertifikasi, yaitu :

  • CCNA (Cisco Certified Network Associate)
  • CCNP (Cisco Certified Network Professional)
  • CCIE (Cisco Certified Internetwork Expert)
3. Fungsi
    Fungsinya adalah untuk merancang sebuah sistem atau topologi jaringan yang akan di terapkan pada dunia nyata/kerja, karena kalau kita merancang topologi jaringan komputer tanpa bantuan aplikasi seperti ini bisa  membutuhkan biaya yang mahal. Makanya cisco membuat aplikasi seprti ini agar orang dapat belajar tanpa membutuhkan biaya yang mahal.

     Packet Tracer adalah simulator jaringan cross-platform yang dirancang oleh Cisco Systems untuk berjalan di Mac OS, Linux dan Microsoft Windows. Sebuah aplikasi Android serupa juga tersedia. Packet Tracer memungkinkan pengguna untuk membuat topologi jaringan simulasi dengan menyeret dan menjatuhkan router, switch dan berbagai jenis lain dari perangkat jaringan. Sebuah koneksi fisik antara perangkat diwakili oleh "kabel" item. Packet Tracer mendukung sebuah array dari simulasi protokol Application Layer , serta dasar routing dengan RIP , OSPF , EIGRP , BDP , dengan luasan yang dibutuhkan oleh arus CCNA kurikulum. Pada versi 5.3, Packet Tracer juga mendukung Border Gateway Protocol , meskipun, protokol ini tidak diajarkan dalam kurikulum CCNA.
    Pada versi 6.2, Packet Tracer mendukung tertanam web server dengan JavaScript dan dukungan CSS. Baris perintah dapat digunakan untuk membuat sambungan router-to-pc. Versi 6.1.1 menambahkan dukungan untuk berbagai DHCP, EIGRP dan OSPF perintah, meningkatkan dukungan untuk kebijakan Firewall Zona Berbasis. Versi 6.0 menambahkan dukungan untuk iOS versi 15 dan Hot Standby Routing Protocol . 
    Mungkin itu saja yang dapat saya berikan pada hari ini semoga saja bermanfaat yah untuk kalian semua. Wassalamualaikum Wr.Wb...
Referensi:

Popular Posts

- Copyright © EckoSaputra SAja Lha - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -