Posted by : Ecko Saputra Minggu, 21 Agustus 2016

Assalamualaikum Wr.Wb teman-teman kali ini saya akan posting tentang langkah-langkah install Cisco Packet Tracer pada Linux.

1. Pengertian
   packet Tracer adalah simulator alat-alat jaringan Cisco yang sering digunakan sebagai media pembelajaran dan pelatihan, dan juga dalam bidang penelitian simulasi jaringan komputer. Program ini dibuat oleh Cisco Systems dan disediakan gratis untuk fakultas, siswa dan alumni yang telah berpartisipasi di Cisco Networking Academy. Tujuan utama Packet Tracer adalah untuk menyediakan alat bagi siswa dan pengajar agar dapat memahami prinsip jaringan komputer dan juga membangun skill di bidang alat-alat jaringan Cisco.

2. Latar Belakang
    Hal yang membuat saya menginstall cisco paket traver ini di laptop saya karena saya bersama rekan-rekan yang lain akan mengikuti workshop Cisco CCNA di BLC Telkom Klaten, sebelum mengikuti itu saya berharap saya dapat mengenal cisco lebih jauh dengan menggunakan simulasi packet tracer ini terlebih dahulu. Dari packet tracer ini setidaknya saya bisa kenalan bagaimana caranya konfigurasi-konfigurasi dasar di Cisco.
3. Tujuan
    Tujuan saya menginstall Packet Tracer adalah saya ingin belajar membuat simulasi Jaringan cisco dan konfigurasi-konfigurasinya.

4. Alat dan Bahan
    - Koneksi Internet
    - Aplikasi Packet Tracer
    - Laptop
5. Langkah Penginstalan
  • Langkah pertama download software Packet Tracer dan Extract filenya.
  • Kemudian Masuk keterminal dan ketikkan perintah "sudo su" untuk masuk kedirektori root:
  • Setelah itu kita pindah dari direktori Home ke direktori Downloads dengan perintah "cd Downloads":
  • Kemudian ketikkan Perintah "ls" untuk melihat apa folder apa saja yang ada di direktori Downloads.
  • Jika Folder PacketTracer ada maka kita harus pindah direktori dari download ke packettracer dengan perintah "cd PacketTracer/nama foldernya":
  • Setelah Masuk pada direktori/folder PacketTracer selanjutnya ketikkan perintah menginstall Packettracer "./install"  tekan "ENTER" hingga proses penginstalanya selesai:
  • Jika diberikan pertanyaan tekan saja "Y" kemudian enter hingga prosesnya selesai.
6. Hasil
    Hasilnya laptop saya telah terinstall Packet Tracer dan saya sudah siap untuk belajar konfigurasi cisco pada Packet Tracer.


Demikianlah sedikit yang dapat saya sampaikan jika banyak kurangnya mohon dimaafkan. Wassalamualaikum Wr.Wb..

Referensi: 
- https://id.wikipedia.org/wiki/Packet_Tracer
- http://pujir22.blogspot.co.id/2016/07/install-cisco-paket-tracer-pada-linux.html


Popular Posts

- Copyright © EckoSaputra SAja Lha - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -