Posted by : Ecko Saputra Selasa, 06 September 2016

    Assalamualaikum Wr.Wb. Hai gan kali ini saya akan posting tentang bagaimana langkah/cara install Owncloud pada Localhost di Linux Mint, Agar lebih jelasnya simak penjelasan berikut ini:

A. Pengertian
    OwnCloud merupakan suatu perusahaan dengan proyeknya yaitu ownCloud project. Slogan perusahaan ini adalah Your Cloud, Your Data, Your Way!. ownCloud yang merupakan salah satu perangkat lunak berbagi berkas gratis dan bebas seperti Dropbox, menyediakan pengamanan yang baik, memiliki tata cara yang baik bagi pengguna aplikasi untuk membagi dan mengakses data yang secara lancar terintegrasi dengan perangkat teknologi informasi yang tujuannya mengamankan, melacak, dan melaporkan penggunaan data.
   OwnCloud menempatkan kontrol kepada pengguna teknologi informasi itu sendiri dan juga menawarkan penyedia layanan, pusat dan bagian transmisi yang berfungsi untuk menyediakan solusi sinkronisasi dan berbagi bagi pengguna. ownCloud memberikan akses terhadap berkas-berkas secara universal dengan menggunakan antarmuka jaringan atau WebDAV.
ownCloud dipelopori oleh Frank Karlitschek saat ia sedang membicarakan mengenai aplikasi bebas dan terbuka. Proses pemasangan tidak banyak membutuhkan syarat-syarat pada sistemnya dan tidak membutuhkan izin khusus. Kantor pusat ownCloud di Amerika terletak di Boston, Massachusetts dan kantor cabang di Eropa terletak di Jerman.
B. Latar Belakang
    Latar belakang dari kegiatan ini adalah untuk mengrtahui apa itu owncloud dan cara kerjanya. Seiring dengan perkembangan zaman kini Owncloud sebagai sebuah paket perangkat lunak aplikasi berbasis web client-server yg gratis dan open source. Sehingga memungkinkan orang untuk menginstall dan mengoperasikannya tanpa biaya pada server pribadi. Yang mendukung ekstensi yang memungkinkan untuk bekerja seperti Google Drive, dengan editing dokumen secara online , kalender dan sinkronisasi kontak, dan banyak lagi
    
C. Maksud dan Tujuan
     Maksud dan tujuannya adalah untuk menginstall owncloud pada localhost di linux mint.

D. Alat dan Bahan
- LAMP
- Laptop/PC
- File OwnCloud

E .Waktu Pelaksanaan
     Adapun Waktu yang saya butuhkan untuk melaksanakan instalasi owncloud adalah sekitar 15-30 menit.

F. Langkah Konfigurasi
- Hal Pertama yang harus dilakukan adalah Download file owncloud disini.
- Jika sudah download buka terminal kemudian ketikkan perintah seperti ini:
- Dicek apakah file yang tadi kita download sudah ada apa belum jika sudah langsung saja kita copy filenya ke direktori "/var/www/html" seperti ini:
- Jika sudah dicopy filenya kita masu ke direktori "/var/www/html" dan perintah ls untuk melihat  apakah filenya sudah tercopy:

- Langkah selanjutnya adalah kita unzip/extrak file owncloudnya dengan perintah:
- Tunggu hingga prosesnya selesai kemudian kita beri hak akses pada owncloudnya agar dapat di akses di localhost. Perintahnya:
- Selanjutnya buka browser dan kita buat databasenya di phpmyadmin:
- Kemudian buka tab baru dan ketikkan perintah "localhost/owncloud" maka akan muncul tampilan seperti ini:
bagian atas

bagian bawah
 - Disitu ada beberapa kolom untuk diisi seperti:
     > Username = nama untuk login kedalam owncloud
     > password = passsword untuk login kedalam owncloud
     > Database User = user untuk login ke database phpmyadmin
     > Database Password = password database phpmyadmin
     > Database Name = Nama database yang tadi kita buat diatas
- Isi kolom-kolom tersebut kemudian klik finish setup:

- Tunggu prosesnya hingga selesai maka akan masuk kedalam ownclud seperti ini, dan anda sudah dapat menggunakan owncloud:



G. Hasil dan Kesimpulan
    Hasilnya adalah localhost pada laptop kita sudah terinstall owncloud dan dapat digunakan untuk menyimpan folder-folder tertentu.
   Kesimpulannya adalah owncloud itu sangat berguna untuk menyimpan data-data yang diinginkan dan owncloud juga tidak mengganggu memori internal untuk penyimpanannya.
  Demikianlah sedikit penjelasan tentang Cara install owncloud pada lcalhost di linux mint kita. Selamat mencoba semoga bermanfaat Wassalamualaikum Wr.Wb..
H. Referensi

Popular Posts

- Copyright © EckoSaputra SAja Lha - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -