Posted by : Ecko Saputra Senin, 01 Agustus 2016

    Assalamualaikum Wr.Wb, malam ini saya akan memposting tentang apa yang saya pelajari hari ini, yaitu langkah-langkah masuk ke Jendela mikrotik di Linux Mint. Berikut ini adalah langkah-langkah persiapannya:

1. Mempersiapkan semua alat-alat yang dibutuhkan seperti MikroTik, Kabel LAN, Laptop, jika ingin terhubung ke internet siapkan sarana untuk terhubung ke Internet.
2. Menghubungkan Mikrotik dengan laptop menggunakan kabel LAN kemudian  menonaktifkan wifi dan mengaktifkan wirednya.
3. Selanjutnya kita masuk ke jendela Network Settings maka akan muncul tampilan seperti ini:
4. Pilih menu Wired kemudian edit jika tidak ada kata edit kita klik icon yang seperti peralatan kunci. Maka akan muncul tampilan seperti ini:
5. klik di IPv4 maka tampilannya akan seperti ini:

6. Kemudian ubah Addressnya menjadi manual dan masukkan Ip Address yang sesuai dengan IP yang ada pada MikroTik biasanya Defaultnya 192.168.88.1 tuliskan Addressnya : 192.168.88.2/3/4/5/6/7 Netmasknya : 255.255.255.0 dan Gatewaynya : 192.168.88.1 sama seperti IPnya MikroTik. kemudian Apply.
7. Selanjutnya buka aplikasi Winbox pada linux, jika belum ada bisa di download di alamat: http://www.mikrotik.co.id/download.php Setelah jendela Winbox terbuka tampilannya akan seperti ini:
8. Dibagian bawah ada menu managed dan neighters, klik menu neighters dan ada tulisan E4:8D:8C:E1:3F:15 klik tulisan itu kemudian enter dan anda akan masuk ke jendela mikrotik seperti ini:

Demikian lah langkah-langkah untuk masuk ke dalam jendela mikrotik, untuk settingnya akan menyusul kedepannya. Selamat mencoba, semoga bermanfaat, Wassalamualaikum Wr.Wb...



Popular Posts

- Copyright © EckoSaputra SAja Lha - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -